≡ Menu

Pentax 17 : Kamera film baru setelah lebih dari 20 tahun

Setelah 21 tahun, akhirnya perusahaan Jepang Ricoh meluncurkan kamera film baru yang dinamakan Pentax 17. Kamera film terakhir Pentax adalah Pentax *1st yang diluncurkan tahun 2003. Kamera tersebut tidak begitu sukses karena di saat yang bersamaan, fotografer mulai beralih ke kamera digital.

Lantas mengapa setelah lebih dari 20 tahun kemudian Ricoh meluncurkan Pentax 17? Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh desainer Pentax, Takeo Suzuki alias TKO. Menurutnya, fotografi film mulai popular lagi terutama di kalangan generasi muda, sedangkan kamera film baru tidak banyak. Selain itu, TKO mengungkapkan pentingnya alih teknologi dan know-how dalam membuat kamera film dari insinyur generasi tua ke yang muda. Kesuksesan kamera  Pentax 17 ini akan berfungsi sebagai jembatan untuk mengembangkan kamera film yang lebih canggih dan profesional.

Pentax 17 adalah kamera menggunakan film berformat 35mm. Tapi hanya menggunakan setengah dari panjang film, sehingga disebut juga half frame. Orientasi foto dan jendela bidiknya vertical, 17x24mm. Maka itu dinamakan Pentax 17. Pilihan half frame ini memungkinkan fotografer untuk mendapatkan 72 foto dari rol film berisi 36  exposure. Menurut TKO, pilihan mengembangkan format half frame ini untuk menghemat biaya pembelian film.

Kamera ini menggunakan lensa 25mm f/3.5, tapi karena half frame, maka Jarak fokal lensanya ekuivalen dengan 37mm. Jarak fokus dapat ditentukan dengan memutar lensa ke preset zone fokus yang direpresentasikan dalam bentuk ikon, seperti bunga (0.25m), sendok & garpu (0.5m), Satu orang (1.2m), Dua orang (1.7m), tiga orang (3m) dan pegunungan (Jarak tak terhingga/infinity).

Pentax 17 dilengkapi dengan lampu kilat berkekuatan GN20 dan ditenagai oleh baterai jenis CR2 yang ditempatkan di dalam grip/pegangan yang menonjol di bagian kanan kamera.

Untuk melengkapi rasa nostalgia dalam menggunakan kamera film, ada jendela bidik optik, lengkap dengan dua frame line untuk membantu komposisi Jarak jauh dan Jarak dekat. Juga tuas manual untuk film advance dan rewind.

Projek kamera Pentax 17 ini pertama kali diumumkan di channel Youtube Ricoh di bulan Desember 2022. Pengembangan kamera ini mendapatkan banyak masukan dari berbagai pihak, sehingga desain kameranya seperti kombinasi dari berbagai part/bagian dari kamera-kamera Pentax sebelumnya. Misalnya film advance dari Pentax Auto 100, Bagian top plate kamera yang berwarna perak dari Pentax LX Titan Special edition, Lensa dari Pentax Espio Mini, logo Pentax 17 dari Pentax 67 dan sebagainya.

Harga Pentax 17 ini US$ atau sekitar Rp 9 juta rupiah. Harga yang relatif tinggi jika dibandingkan harga kamera film bekas dari 20-30 tahun lalu. Tetapi karena Pentax 17 ini merupakan kamera baru, masa waktu servis dan garansi akan jauh lebih panjang.

Pembahasan tentang kamera Pentax 17 ini lebih detail dalam live show infofotografi di youtube

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment