≡ Menu

Nikon Z6 III – Upgrade Signifikan & kandidat kuat kamera hybrid terbaik 2024

Setelah rumor berbulan-bulan, Nikon Z6 III akhirnya meluncur di tanggal 17 Juni 2024. Kamera mirrorless full frame ini diposisikan sebagai kamera hybrid (foto-video) kelas menengah. Biarpun posisinya di kelas mid-range, Z6 III memiliki banyak peningkatan dibandingkan kamera pendahulunya Z6 II dan spesifikasinya mendominasi kamera lain di kelas yang sama.

Z6 III menggunakan sensor full frame dengan teknologi partially-stacked, artinya image sensor kamera ini sangat cepat daripada sensor biasa tapi tidak secepat full stacked sensor seperti kamera Nikon kelas atas (Z9 & Z8). Resolusinya juga lebih kecil yaitu 24.5MP vs 45.7 MP.

Untuk videonya, Nikon Z6 III juga all-out memberikan pilihan untuk bisa merekam 6K 60p dengan format RAW (Nikon RAW atau ProRes RAW). Untuk slow motion, bisa merekam sampai 4K 120p (4x lebih lambat) atau Full HD 240p (8x lebih lambat).

Dari fisiknya, Z6III mengikuti desain umum Nikon Z, sedikit lebih besar dari Z6 II tapi tidak sebesar Z8. Jendela bidiknya mendapat peningkatan resolusi dari 3 jutaan menjadi 5.7juta titik, black out free. Sistem autofokusnya sudah didukung AI dan bisa mendeteksi berbagai jenis subjek seperti wajah, mata, hewan, dan beberapa objek lainnya.

Layar LCD-nya berukuran relatif besar, 3.2 inci yang bisa diputar ke samping, menandakan kamera ini tidak hanya fokus di foto tapi juga sangat praktis untuk videografi.

Layar samping memudahkan untuk merekam video dari low / high angle
Tersedia battery/vertical grip optional

Opini Enche Tjin, infofotografi

Nikon Z6 III adalah penerus spiritual Nikon D750 yang di zamannya sangat populer karena memiliki spesifikasi yang sangat baik untuk berbagai jenis fotografi. Di era kamera mirrorless ini, kamera dituntut untuk bisa lebih bagus lagi, bukan untuk fotografi tapi juga untuk videografi. Dan karena itulah Nikon Z6 III sepertinya all-out memberikan spek tinggi untuk videografi juga.

Jenis kamera mirrorless hybrid saat ini memang sedang naik daun, kelas menengah ini menjadi penting bagi pertarungan antar merk kamera populer. Nikon Z6 III akan bersaing dengan Sony A7 IV (2021, Rp33.5jt), Canon EOS R6 II (2022, Rp34jt) dan Panasonic Lumix S5 II X (2023, Rp33.5jt).

Harga Nikon Z6 II belum diumumkan di Indonesia. Tapi secara global telah dirilis seharga US$2500 atau sekitar Rp 41jt. Memang harga yang lebih tinggi daripada pesaingnya, tapi disisi spek, Nikon Z6 III lebih unggul.

Pembahasan Nikon Z6 III bisa disimak di live show infofotografi di youtube infofotografi

Spesifikasi Nikon Z6 III

  • 24.5MP Partially-Stacked CMOS Sensor
  • EXPEED 7 Image Processor
  • 6K 60p N-RAW, 6K 30p ProRes RAW
  • 4K 120p, Full HD 240p Slow Motion Video
  • Up to 20 fps Raw, 60 fps JPEG Shooting
  • Blackout-Free, 5760k-Dot EVF
  • 493-Point AF, AI-Based Subject Detection
  • 3.2″ 4-Axis Tilting Touchscreen LCD
  • CFx Type B & SD Memory Card Slots
  • Camera-to-Cloud Direct Connectivity

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment